Kamis, 02 Mei 2019

Dampak Sosial Teknologi Informasi di kalangan Masyarakat

Kemajuan teknologi informasi adalah sesuatu yang penting dalam suatu wilayah atau Negara. Terkadang melihat hanya dari teknologinya saja sudah hamper mewakili wilayah tersebut wilayah maju ataupun wilayah yang tertinggal . Contohnya sebagian besar negara eropa yang sudah maju hampir semua teknologi informasi berkembang cepat , Amerika, Jepang, China ,dsb. Maka dari itu , begitu pentingnya kita mengetahui prinsip atau dampak-dampak yang ditimbulkan oleh teknologi informasi agar Negara atau wilayah kita menjadi lebih baik dan kuat, terciptanya suasana kondusif, aman, sejahterah . Teknologi harus dibarengi dengan pengetahuan dan wawasan yang tinggi karena tidak sedikit teknologi informasi itu disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sejak dahulu teknolgi merupakan sebuah alat yang mampu memberikan manfaat dan membantu tugas-tugas manusia. Mulai dari membuat sebuah laporan, penghitungan keuangan hingga menjadi sebuah alat untuk membantu peperangan. Pada zaman sekarang, teknologi sudah tidak menjadi sebuah hal yang asing ataupun menjadi sebuah hal yang bersifat exclusive dan mewah, hampir setiap orang diseluruh dunia sudah mengenal dan memeliki teknologi.

Seiring dengan perkembangannya ini teknologi cukup berdampak di kalangan masyarakat ada dampak positif dan dampak negatif, dampak postifnya adalah Kemajuan teknologi informasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antar manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain, Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat, masyarakat tidak perlu lagi membeli koran untuk mengetahui informasi mengenai berita, cukup dengan membuka internet, kita sudah dapat membaca berita melalui media online, dan tidak mengeluarkan biaya dan Sebagai lokasi untuk bisnis jual beli, dengan adanya online shop dan juga bisnis yang lain masyarakat lebih murah, praktis dan juga lebih evisien dalam memenuhi kebutuhan. Melalui toko online ini, maka semakin banyak meningkatkan lapangan kerja. Sedangkan dampak negatifnya adalah Kesenjangan sosial yang mulai hilang dan semakin akrabnya manusia dengan benda mati. Maksudnya dari kalimat tersebut adalah semakin orang tersebut mengenal teknolgi seperti smartphone, Tab PC, maka akan semakin ia lebih mencintai gadjet-gadjet tersebut. Sekalipun gadjet-gadjet tersebut mampu mempertemukan dan menghubungkan kita dengan teman-teman lama yang mungkin berada dilokasi yang sangat jauh dari kita. Namun, sangat tidak etis ketika ia rela berkomunikasi atau asyik dengan gadjet-adjetnya sementara ia lupa dan tidak memperdulikan siapa dan apa akan seseorang yang berada tepat disampingnya. Biasanya penyakit ini biasa dengan sebutan “menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh”, Malas dan manja. Tanpa kita sadari perkembangan teknolgi informasi dan komunikasi juga bisa memilki dampak ke sifat manusia. Kita semua tahu bahwa dengan datangnya teknologi yang terus berkembang, itu akan menjadikan manusia bisa melakukan semua aktifitasnya dengan teknologi terebut. Hal ini, bila telah dibiasakan sejak kecil akan membuat manusia tersebut menjadi malas. Contohnya seperti peerhitungan matematika yang kini cukup dengan kalkulator, pencarian tugas yang cukup dengan klik bisa mendapatkan informasi yang diinginkan. Sifat malas ini juga bisa berakibat fatal kelingkungannya. Ia akan sulit diterima pada lingkungan karena sifat malasnya tersebut.

Dalam dunia teknologi informasi ada baik dan buruk , jadi kita harus menyikapinya dengan baik dan benar serta sudah ada undang-undang yang mengatur tentang kejahatan teknologi . Semua perilaku sosial akibat teknologi informasi adalah efek dari pola pikir perindividu tersendiri , dan yang paling banyak berperan membentuk pola pikir ialah media yang setiap hari mengabarkan dan juga mempengaruhi kita semua. Oleh sebab itu , kita harus lebih jeli dan teliti menyikapi semua hal akibat perkembangan teknologi informasi.


Sekian dan Terima Kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak Sosial Teknologi Informasi di kalangan Masyarakat

Kemajuan teknologi informasi adalah sesuatu yang penting dalam suatu wilayah atau Negara. Terkadang melihat hanya dari teknologinya saja su...